Jumlah Huruf Kanji

Berapa Jumlah Huruf Kanji Jepang?

Jumlah huruf kanji jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah huruf hiragana dan katakana. Hiragana berjumlah 46 huruf sedangkan huruf katakana yang biasa dipakai berjumlah 45 huruf. Huruf latin yang biasa dipakai juga di dalam kehidupan sehari-hari hanya 26 huruf. Sedangkan hurif kanji menurut penelitian jumlahnya mencapai sekitar 50.000 huruf, kira-kira 10.000 diantaranya dipakai sekitar 2000 huruf yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahun 21 Showa (1946) disusunlah Tōyō Kanji yang terdiri dari 1850 kanji dan ditetapkan menjadi standar kanji yang perlu dipelajari di SD dan SMP.

 

Pada tahun 56 Showa (1981) ditetapkan Jōyō Kanji yang memuat 1945  sebagai patokan yang harus diketahui oleh warga Jepang. Namun jumlah kanji yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan yang sering digunakan oleh orang Jepang tentu melebihi jumlah Tōyō Kanji ataupun Jōyō Kanji. Jumlahnya akan semakin bertambah sesuai dengan tingkat usia, pendidikan, bidang pekerjaan, spesialisasi dan sebagainya.

 

Pada umumnya jumlah huruf kanji yang dikuasai oleh penutur asli Jepang lebih banyak jumlahnya daripada jumlah kanji yang harus dikuasai oleh penutur bahasa asing lainnya. Di dalam Nihongo Nōryoku Shiken pun kanji dijadikan sebagai salah satu materi yang diujikan dan dapat mempengaruhi lulus atau tidaknya seseorang dalam ujian tersebut.

 

Penguasaaan huruf kanji oleh pembelajar bahasa Jepang merupakan suatu kebanggaan atau kepuasan tersendiri. Keterampilan baca-tulis huruf kanji dapat menjadi salah satu tolak ukur keterampilan berbahasa Jepang seseorang. Mengingat hal-hal seperti itu maka mempelajari huruf kanji merupakan suatu hal yang sangat penting. Pembelajar yang hanya memiliki target untuk menguasai keterampilan bahasa Jepang dalam ragam lisan secara sederhana tentu saja tidak perlu mempelajari huruf kanji. Tetapi bila ingin menguasai bahasa Jepang ragam tulis maka penguasaan huruf kanji mutlak diperlukan.